Budaya NTB Sejak Jaman Nenek Moyang Yang Harus Kamu Ketahui

Keberagaman budaya NTB memang sangat menarik untuk dibahas. Provinsi ini memiliki budaya daerah NTB yang bermacam-macam. Baik dari rumah adatnya sampai dengan kerajinan tangannya yang mengesankan.

Tetapi, masih banyak orang yang belum begitu kenal dengan provinsi cantik ini. Nah, untuk kalian yang belum tahu, yuk simak artikel berikut.

Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia. Provinsi ini meliputi bagian barat kepulauan Nusa Tenggara. Dua pulau terbesar di provinsi ini adalah Lombok dan Sumbawa yang terletak di barat dan timur.

Ibukota NTB berada di kota Mataram yang berada di pulau Lombok. Sebagian besar penduduk Lombok berasal dari suku Sasak, sementara suku Bima dan Sumbawa merupakan kelompok etnis terbesar di pulau Sumbawa. Mayoritas penduduk NTB beragama Islam (96%).

Berikut ini kami sajikan kebudayaan di kota NTB.

1.Rumah Adat

Rumah Adat

Nusa Tenggara Barat memiliki rumah Dalam Loka sebagai rumah asli provinsi tersebut. Dulunya, rumah itu merupakan kediaman bagi raja Sumbawa.

Nama dari rumah adat ini diambil berdasarkan fungsi dari rumah ini. Dimana Dalam berarti istana dan loka artinya dunia. Dahulu, ini digunakan sebagai tempat tinggal Bagi raja Sumbawa.

Terdapat unsur Islam pada rumah ini. Letaknya pada bagian tiang yang ada tulisan 99 Asmaul Husna. Ajaran Islam memang sangat lekat di provinsi ini.

Tiang yang menyangga Dalam Loka ini terbilang begitu unik. Di mana dari tiang yang menyangga rumah tadi terdapat 2 tiang utama dengan ukuran yang lebih besar.

Dua tiang tersebut diberi nama Bala Rea / Graha Besar. Untuk pembagian ruangannya hanya dipisahkan oleh dinding dengan fungsi yang berbeda-beda. Diantaranya :

  • Kuntul Agung – berada pada bagian depan yang digunakan untuk tempat bermusyawarah dan berbagai acara lainnya.
  • Lunyuk Mas – ruangan ini merupakan ruangan untuk permaisuri, istri, dan staf penting saat upacara adat.
  • Ruang Dalam – terletak di sisi Barat, disekat menggunakan kelambu. Biasanya dipakai sebagai tempat beribadah. Ada juga yang terletak di bagian Timur dan terdiri dari 4 kamar tidur anak raja. Sedangkan di bagian udara sebagai tempat tidur permaisuri dan dayang-dayang.
  • Ruang Sidang – terdapat di bagian belakang rumah. Ruang ini dijadikan sebagai tempat sidang. Selain itu juga digunakan sebagai tempat tidur dayang.
  • Kamar Mandi – letaknya di luar bangunan dan dipakai untuk mandi.
  • Bala Bulo – berada tepat disebelah Lunyuk Mas dan dibangun 2 lantai. Lantai 1 digunakan untuk anak-anak bermain. Sedangkan di lantai 2 adalah tempat untuk melihat pertunjukkan bagi istri bangsawan, yang ada di lapangan istana.
  • Selain ruangan, ada juga hiasan-hiasan yang ditampilkan. Seperti kebun istana, bala jam, bala bumi, dan lonceng istana.

2.Senjata Daerah

Senjata Daerah

Di NTB, senjata tradisional adalah keris. Ada berbagai jenis keris, misalnya sampari dan sondi. Di Lombok, sondi bernama grantin.

Keris merupakan benda pusaka yang diperoleh secara turun menurun dan menjadi tradisi budaya asli kota NTB.

Keris dipakai pada saat upacara-upacara adat, juga pada waktu upacara keagamaan, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul     Fitri, Idul Adha dan pada waktu menerima tamu negara.

3.Kerajinan Daerah

Kerajinan Daerah

Budaya asli kota NTB mempunyai beragam kerajinan tangan. Diantaranya adalah Gerabah Banyumulek dan Kain Tenun khas Budaya NTB. Kerajinan tangan khas Budaya NTB ini telah dilakukan secara turun menurun  sejah dahulu kala.

Gerabah Banyumulek adalah kerajinan tangan khas Nusa Tenggara Barat yang dibuat dengan alat berupa lempengan bulat yang dapat diputar dengan tangan.

Gerabah Banyumulek terbuat dari bahan tanah liat dan tanah liat tersebut dibentuk dengan alat pemutar , setelah jadi tanah liat yang sudah dibentuk kemudian dijemur dan dibakar. Ada juga kain tenun atau yang lebih dikenal dengan nama kain songket.

Kain songket merupakan tenunan yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan, hiasan dibuat dengan menyisipkan benang perak, emas atau benang warna di atas benang lungsi. Terkadang juga ada yang dihiasi dengan manik-manik, kerang atau uang logam.

Itulah beberapa kebudayaan khas NTB yang terkenal dan unik. Keunikkan milik Indonesia ini harus senantiasa kita jaga dan lestarikan. Semoga artikel ini dapat membantu.