Budaya Orang Jepang Yang Terkenal Sangat Sopan!

Jepang adalah salah satu negara yang punya banyak sekali berbagai tradisi serta kebudayaan mereka. tradisi yang ada di Jepang bahkan sudah muncul sejak beberapa tahun lalu.

Selain itu, mereka yang merupakan oranmg Jepang juga diketahui sangat ahli menjaga kebudayaan mereka loh. Itulah kenapa mereka selalu menarik di mata wisatawan.

Kalau kalian mau liburan ke Jepang, tentu saja ada budaya – budaya yang harus kalian tahu agar gak menimbulkan masalah yang tak diinginkan. Apa saja?

1.Koinobori

Koinobori

Tradisi beserta budaya Jepang yang keunikkannya sangat terkenal ini bisa kalian lihat lewat festival Koinobori.

Koinobori sendiri ini adalah sebuah layangan yang memiliki bentuk ikan dan dibuat dari kain dengan berbagai corak serta ukuran yang bisa kalian pilih.

Festival ini sendiri juga diadakan pada Jepang di setiap tanggal 5 Mei demi memperingati hari anak di Jepang.

2.Hiwatari-Sai

Hiwatari-Sai

Tradisi unik yang satu ini merupakan budaya Jepang yang dinamakan dengan Hiwatari-Sai . Hiwatari-Sai sendiri sebetulnya merupakan sebuah festival unik yang berjalan di atas api.

Biasanya festival ini akan dilakukan oleh seorang Yamabushi. Yamabushi sendiri adalah seorang pendeta Buddha yang sudah bertapa di gunung. Nantinya, dalam festival ini Yamabushi tersebut agar jalan di atas bara api dengan tujuan mendoakan dunia agar tetap damai.

3.Fuji Matsuri

Fuji Matsuri

Fuji Matsuri juga merupakan perayaan budaya Jepang yang cukup terkenal dimana kebudayaan ini dilakukan untuk menyambut mekarnya bunga Fuji.

Agar bisa menyaksikan keindahan bunga Fuji yang sedang mekar, nantinya wisatawan akan bisa mengunjungi kuil Kameido Tenjin.

4.Mamemaki

Mamemaki

Tradisi yang cukup unik dan yang membuat Jepang jadi terkenal juga adalah Mamemaki. Tradisi ini sebetulnya merupakan sebuah hari libur di Jepang yang berdasarkan pada kalender lunar yang terjadi sebelum musim semi tiba.

Di hari itu, orang – orang di Jepang akan percaya kalau roh serta setan nantinya akan muncul ke dalam dunia manusia.

Namun yang unik adalah, di perayaan Mamemaki ini, tiap orang tua yang ada di Jepang akan memakai topeng oni untuk menakuti anak – anak dan anak – anak nantinya akan melempar kedelai kerin untuk mengusir roh pergi.

5.Hanami

Hanami

Hanami juga merupakan salah satu tradisi yang cukup besar dan cukup ditunggu oleh masyarakat Jepang. Tradasi Hanami ini biasanya dilakukan untuk menyambut bunga sakura yang bersemi.

Hanami ini juga biasanya dilakukan di bulan April dimana saat berlangsung maka masyarakat Jepang akan bisa menikmati keindahan sakura yang mekar bersama dengan teman serta keluarga mereka sendiri di taman di Koukyo dan Taman Ueno.

Itulah beberapa kebudayaan yang unik di Jepang yang harus kalian tau sebelum berkunjung. Semoga bermanfaat.